KAWASAN TOMPO BULU KABUPATEN PANGKEP
KAWASAN TOMPO BULU KABUPATEN PANGKEP

KAWASAN TOMPO BULU KABUPATEN PANGKEP

Kawasan Pegunungan Bulusaraung terletak di wilayah administratif Desa Tompobulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (PANGKEP) atau ±58km dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua/roda empat sekitar 2 Jam.

Desa Tompobulu berada di ketinggian ± 950 meter dari permukaan laut,  dengan suhu 200 C s/d 300 C.  berada pada 1990 36’ 43,5” Bujur Timur dan  040 50’ 14,1” Lintang Selatan. Objek Daya Tarik Wisata yang terdapat di dalam kawasan ini adalah Desa Wisata Tompobulu dan Gunung Bulusaraung.

Nama Tomopobulu secara harfiah berasal dari kata “Tompo” yang berarti puncak dan “Bulu” yang berarti gunung. Desa ini dicirikan dengan keberadaan dan keunikan flora dan fauna, hutan yang masih alami, serta panorama alam pegunungan menambah nilai eksotis dari Desa Tompobulu.

Masyarakat desa ini masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Budaya gotong royong masih melekat erat di kehidupan masyarakatnya. Dan warga desa ini akan sangat menghargai jika pendatang perempuan berpakaian sopan, karena masyarakatnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman.

Penulis

Nurrachmad

LINK ARTICLE

0 COMMENT


TULIS KOMENTAR

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar *



RECOMENDED TOUR

NEWS INFO TOUR

..

Last Tweet

Hubungi Kami

Official Site of South Sulawesi Province Tourism Departement