Batu Pake Gojeng Kab. Sinjai
Batu Pake Gojeng Kab. Sinjai

Batu Pake Gojeng Kab. Sinjai

BATU PAKEGOJENG

Peninggalan megalitik yang masih dapat dijumpai didaerah ini, adalah berupa kubur peti batu, batu dakon (pit marked stone), batu berlubang (lumping batu), batu datar (altar) dan sejumlah batu-batu besar tanpa proses yang mungkin mempunyai arti tertentu. Peninggalan megalitik tersebut terkonsentrasi dalam satu area (situs) diatas puncak bukit (gojeng), desa Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.

Megalitik dapat diartikan sebagai suatu tradisi yang menghasilkan alat-alat dari batu besar yang ditujukan sebagai sarana pemujaan dan penguburan. Namun pada kenyataannya terminasi tersebut telah membawa pengertian yang lebih luas, karena hasil kebudayaan megalitik cenderung menyesuaikan dengan kondisi dan alam lingkungannya. Segi yang menonjol dalam masyarakat megalitik adalah sikap terhadap alam kehidupan sesudah mati. Kepercayaan, bahwa roh seseorang yang telah meninggal akan tetap hidup terus di dunia arwah dan sangat mempengaruhi kehidupan bagi yang masih hidup. Dengan demikian, maka upacara yang paling menonjol pada tradisi megalitik adalah upacara pada waktu penguburan, terutama terhadap mereka yang dianggap terkemuka atau orang yang dianggap mempunyai pengaruh dalam masyarakat. Sedangkan untuk menjaga agar arwah tetap mempertahankan kedudukannya serta kehidupannya dialam arwah, maka biasanya orang yang meninggal dibekali bermacam-macam barang keperluan sehari-hari. Dan untuk mencapai tempat khusus di dunia arwah, maka diadakan pesta upacara tertentu yang disertai dengan pendirian monument-monumen batu besar. Melalui monument inilah diharapkan, agar arwah leluhur dapat memperoleh ketenangan didunia arwah sekaligus menjadi medium penghormatan dan pemujaan bagi kerabat yang masih hidup.

Penulis

SULAWESI TOURISM INFORMATION CENTER

LINK ARTICLE

0 COMMENT


TULIS KOMENTAR

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar *



RECOMENDED TOUR

NEWS INFO TOUR

..

Last Tweet

Hubungi Kami

Official Site of South Sulawesi Province Tourism Departement