Pulau Pannikiang Kab. Barru

Monumen Mandala

MONUMEN MANDALA

Monumen Mandala terletak di jalan Jenderal Sudirman Makassar berhadapan dengan Rumah Sakit Plamonia milik Kodam. Monumen Mandala dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa pahlawan dalam pembebasan Irian Barat dari tangan para penjajah sekaligus hadiah atas jasa Soeharto (mantan presiden ke 2 Indonesia) yang juga merupakan Panglima Komando Mandala yang berperan penting dalam mengatur strategi untuk membebaskan Irian Barat.

Monumen Mandala merupakan menara menjulang setinggi 75 meter yang terdiri dari 4 lantai. Pada lantai pertama terdapat diorama relief dan replica pakaian dan perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad ke XVII. Lantai dua relief yang mengisahkan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat. Sementara dilantai tiga terdapat replica ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta Irian Barat, foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan dan pakaian yang dikenakan  saat melakukan operasi Mandala. Lantai empat dicapai dengan menggunakan lift dengan ketinggian sekitar 73-75 meter dari permukaan tanah. Dari atas menara kita dapat melihat sebagian besar kota Makassar.

Pada dinding luar luar monument direalisir kobaran api yang melambangkan gelora semangat untuk membebaskan Irian Barat. Sedangkan didalam tubuh monumen ini terdapat relief yang menceritakan sejarah perjuangan pembebasan Irian Barat.

Bagi wisatawan yang menyenangi wisata sejarah tak ada salahnya berkunjung ke MOnumen Mandala saat berkunjung ke Kota Makassar.

Sumber: wisata sejarah dan budaya

 

Komentar

NEWS INFO TOUR

  • BALLA LOMPOA

    BALLA LOMPOA

    Balla Lompoa adalah rekonstruksi istana Kerajaan Gowa yang dibangun di bawah masa kepemimpinan Raja ...

    Read More
  • Best Ecotourism South Sulawesi

    Best Ecotourism South Sulawesi

    Ekotourism  Sebagai Destinasi Baru Sulawesi Selatan. Wisata menanam pohon yang begitu popular ...

    Read More

..

Last Tweet

Hubungi Kami

Official Site of South Sulawesi Province Tourism Departement